Selasa, 14 Januari 2014

Nama                             : Agita Pratiwi
Jurusan/Semester         : Manajemen Dakwah-A/V
Matakuliah                   : SIMDAK
Dosen Pembimbing      : Asep Iwan Setiawan S.Sos,I.,M.Ag.
Tugas                             : Ujian Tengah Semster
Hari/Tanggal                : Sabtu, 02 November 2013

SOAL
1.      Jelaskan tentang:
a.       Sistem
b.      Informasi
c.       Model sistem
d.      Kareteristik sistem
e.       Jenis sistem
f.       Fakta
g.      Data
2.      Jelaskan tentang pola pengambilan keputusan yang berdasarkan sistem informasi?
3.      Sebutkan lima software yang mendukung perangkat sistem informasi? Kemudian jelaskan kelemahan dan kelebihannya !!!
4.      Apa yang di maksud dengan database? Kemudian database apa yang harus ada dalam organisasi dakwah?
5.      Jelaskan tentang konsep pengamanan database dalam sebuah sistem informasi!

JAWABAN
1.      Pengertian
a)      Sistem
Menurut McLeod  (2004) Sistem adalah sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan tujuan yang sama untuk mencapai tujuan.[1]
Sistem merupakan suatu bentuk integrasi antara satu komponen dengan komponen lain karena sistem memiliki sasaran yang berbeda untuk setiap kasus yang terjadi yang ada dalam sistem tersebut.
Sistem adalah sekelompok unsure yang erat hubungannya satu dengan yang lain, yang lain yang beerfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu.
Dari defenisis tersebut dapat di perinci lebih jelas lagi yaitu tentang pengertian sistem:
1)      Setiap sistem terdiri dari unsure-unsur.
a.       Unsur-unsur dalam suatu sistem terdiri dari subsistem yang lebih kecil, yang terdiri pula dari kelompok unsure yang membentuk dari subsitem tersebut.
2)      Unsur-unsur tersebut merupakan bagian terpadu sistem yang bersangkutan.
a.       Unsur –unsur sistem terdiri berhungan erat satu dengan yang lain dan sifat serta kerjasama antar unsure sistem tersebut mempunyai bentuk tertentu.
3)      Unsur sistem tersebut bekerjasama untuk mencapai tujuan sistem. Karena dalam setiap sistem memiliki tujuan tertentu.
4)      Suaru sistem merupakan bagian dari sistem lain yang lebih besar.[2]

b)     Informasi
Menurut Gordon B. Davis, informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan yang akan datang.
Burch dan Strater, menyatakan: informasi adalah pengumpulan atau pengolahan data untuk memberikan pengetahuan atau keterangan.
Sedangkan George R. Terry, Ph. D. menyatakan bahwa informasi adalah data yang penting yang memberikan pengetahuan yang berguna.
Jadi, secara umum informasi adalah data yang sudah diolah menjadi suatu bentuk lain yang lebih berguna yaitu pengetahuan atau keterangan yang ditujukan bagi penerima dalam pengambilan keputusan, baik masa sekarang atau yang akan datang.[3]

c)      Model Sistem
a)      Model Fisik
Adalah bentuk penggambaran entitas dalam tiga dimensi. Maksudnya model fisik berukuran lebih kecil dari aslinya dan biasanya yang digunakan dalam dunia bisnis berupa prototype model baru. Model fisik membantu suatu tujuan yang tidak dapat dipenuhi oleh benda nyata.
b)      Model Naratif
Adalah penggambarkan entitas secara lisan atau tulisan. Semua komunikasi bisnis adalah model naratif, sehingga model naratif merupakan model yang paling popular dan paling sering digunakan oleh pihak manajemen.
c)      Model Grafik
Adalah model yang mewakili entitasnya dengan menggunakan garis, simbol & bentuk dengan sedikit penjelasan naratif. Misalnya laporan keuangan ditambah dengan grafik berwarna untuk meperjelas, flowchart, DFD dalam pembuatan database.
d)     Model Matematis
Adalah model yang disajikan dengan rumus matematika atau persamaan. Model ini seringkali digunakan manajemen untuk kegiatan bisnis, atau untuk prediksi, analisis dll. Karena model ini merupakan model dengan ketelitian tinggi, namun seringkali model ini juga tidak disukai karena disajikan dengan rumit. Sesuai dengan tingkat keperluannya saja maka model ini digunakan.[4]

d)     Karateristik Sistem
1)      Komponen Sistem (Components)
Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi. Maksudnya saling bekerjasama satu kesatuan. Komponen-komponen tersebut adalah suatu bentuk subsistem dan di setiap subsistem tersebut memiliki sifat dari sistem yang menjlankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan. Suatu sistem. Yang lebih besar yang di sebut “suprasistem”
2)      Batasan Sistem (Baundary)
Ruang lingkup sistem adalah daerah yang membatasi antara sistem dengan sistem yang lainnya  atau sistem dengan lingkungan luarnya. Batasan sistem ini memungkinkn suatu sistem di pandang sebagai satu kesatuan yang tidak dapat di pisahkan.
3)      Lingkungan Luar Sistem (Environtment)
Yang di maksud dengan lingkungan luar sistem adalah bentuk apapun yang ada di luar ruang lingkup atau batasan sistem yang mempengaruhi operasi sistem tersebut. Lingkungan luar sistem ini dapat bersifat menguntungkan dan dapat juga bersifat merugikan sistem tersebut. Lingkungan luar yang menguntunkan merupakan energy bagi sistem tersebut. Dengan demikian, limgkungan luar tersebut harus tetap di jaga dan di pelihara. Dan lingkungan luar yang merugikan harus di kendalikan. Kalau tidak maka akan mengganggu kelangsungan hidup sistem tersebut.
4)      Penghubung Sistem (Interface)
Penghubung sistem atau interface merupakan media yang menghubungkan sistem dengan subsistem yang lainnya.
5)      Masukan Sistem (Input)
Energi yang di masukkan ke dalam sistem di sebut masukan sistem yang dapat berupa pemeliharaan (maintenance input) dan sinyal (signal input).
6)      Keluaran Sistem (Output)
Hasil energy yang di olah dan di klasifikasikan menjadi keluaran yang berguna. Keluaran ini merupakan sebuah masukan bagi subsistem yang lain.
7)      Pengolahan Sistem (Proses).
Suatu sistem dapat mempuyai suatu proses yang dapat mengubah masukan (Input) menjadi keluaran (Output).
8)      Sasaran Sistem (Objektive)
Suatu sistem memiliki tujuan dan sasatran yang pasti dan bersifat deterministik. Jika suatu sistem tidak memiliki sasaran. Maka operasi sistem tidak ada gunanya. Suatu sistem di katakana berhasil bila mengenai sasaran atau tujuan yang telah di rencanakan.[5]

e)      Jenis Sistem
1.      Sistem Abstrak dan Sistem Fisik
Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik. Sedangkan sistem fisik merupakan sistem yang ada secara fisik atau secara nyata.
2.      Sistem alamiah dan sistem buatan manusia
Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam, tampa ada campur tamgan dari manusia. Sedangkan sistem buatan manusia merupakan sistem yang melibatkan interaksi manusia dengan mesin yang di sebut human machine system.\
3.      Sistem Deterministik dan Sistem Probabilistik
Sistem Deterministik  yaitu Sistem yang bertingkah laku yang dapat di prediksi. Sedangkan sistem probabilistic merupakan sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat di prediksi karena mengansung unsure probabilistic.
4.      Sistem Terbuka dan Sistem Tertutup
Sistem yang berhubungan  dan di pengaruhi oleh lingkungan luar. Juga menerima masukan dan menghasilkan untuk subsistem lainnya di sebut sistem terbuka. Sedangkan Sistem tertutup ialah sistem yang tidak berhubungan  dan tidak di pengaruhi oleh lingkungan luarnya. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa campur tangan dari pihak luar.[6]

f)       Fakta
Fakta berasal dari bahasa Latin yaitu factus, dalam istilah keilmuan merupakan suatu hasil observasi yang obyektif dan dapat verifikasi. Fakta adalah pengamatan yang telah diverifikasi secara empiris. Fakta dalam prosesnya kadangkala dapat menjadi sebuah ilmu.[7]

g)      Data
ü  Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata.
ü  Data merupakan proses hasil pengamatan atau observasi yang kemudian menjadi sebuah pengetahuan.
ü  Data adalah fakta dan angka yang tidak sedang di sebutkan pada proses keputusan dan biasanya berbentuk catatan historis yang di catat dan di arsipkan tanpaa maksud segera di ambil kembali untuk mengambil keputusan.[8]

2.      Pengambilan keputusan
a)      Pemahaman dan perumusan masalah.
Seorang manajer kerap kali menemukan masalah yang sulit di kemukakan, Disiini peran manajer pertama-tama yang harus di ungkap adalah apa masalah sebenarnya.  Kemudian menentukan bagian masalah yang harus di pecahkan.
b)      Pengumpulan dan Analisis Data yang Relevan.
Setelah masalah di temukan. Maka manajer harus menentukan data-data yang akan di butuhkan untuk membuat keputusan yang tepat dan kemudian mendapatkan informasi tersebut.
c)      Pengembangan Alternatif-alternatif
Dalam hal ini manajer mengemukakan konsep pemuasan (satisficing) yang berarti bahwa pembuat keputusan memilih suatu alternative yang cukup baik, walaupun bukan sesuatu yang sempurna atu ideal.
d)     Evaluasi Alternatif-alternatif
Setelah manajer mengembangkan sekumpulan alternative, Maka manajer oun harus mengevaluasinya untuk menilai efektifitas setiap alternatif.
e)      Pemilihan alternative Terbaik
Pembuatan keputusan adalah hasil evaluasi berbagai alternative.
f)       Implementasi Keputusan
Setelah alternative terbaik di pilih para manajer harus membuat rencana untuk mengatasi  berbagai persyaratan dan masalah yang mungkin di jumpai dalam penerapan persyaratan dan maslah yang mungkin di jumpai dalam penerapan keputusan. Implementasi keputusan menyangkut lebih dari sekedar pemberian perintah.  Manajer harus menetapkan anggaran atau skedul kegiatan, mengadakan dan mengalokasikan sumber daya yang perlukan, serta menugaskan tanggung jawab dan wewenang pelaksanaan tugas tertentu.[9]

3.      Software yang mendukung perangkat sistem informasi, serta kelemahan dan kelebihannya.
Saya Mengambil Software dari SIM basis data yakni suatu sistem atau Perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta banyak pengguna.
Beberapa aplikasi untuk pembuatan database yaitu DBMS (Database Management System). DBMS ini mulai yang berjalan di komputer personal (PC) sampai ke komputer skala mainframe. Contoh-contoh dari aplikasi/software database engine misalnya seperti: SQL Server, dibuat oleh Microsoft, MS Access, dibuat oleh Microsoft, dan DB2, dibuat oleh IBM.
Keunggulan dari aplikasi data base yaitu mengurangi pengulangan data, mencapai independensi data, mengintegrasikan data dari berbagai file,mengambil data dan informasi secara cepat, dan meningkatkan keamanan.
Kelemahannya yaitu untuk mereka yang tidak terlalu memahami dan mengetahui tentang tekonolongi, terutama bagi orang yang awam terhadap aplikasi data base ini sulit untuk dipelajarinya sehingga tidak selesai selesai mempelajarinya, sulit mendapatkan softwere karena mahal, jika terjadi kerusakan pada satu tabel akan rusak semua karena dalam satu file.

4.      Pengertian Database
Ø  Database adalah suatu kumpulan data yang terhubung (interrelated data) yang di simpan secara bersama-sama pada suatu media, tanpa mengatap satu sama lain atau tidak perlu kerangkapan data (controlled redundancy) dengan cara tertentu sehingga mudah di gunakan atau di tampilkan kembali; dapat di gunakan oleh satu atau program aplikasi secara optimal data di simpan tanpa mengalami ketergantungan pada program yang akan mengalaminya; data di simpan sedemikian rupa sehingga penambahan, pengambilan dan modifikasi dapat di lakukan dengan mudah dan terkontrol.
Ø  Database dalam organisasi dakwah
a.       Aplikasi Input Data Da’i
b.      Aplikasi Input Data Mad’u
c.       Aplikasi Input Data Maudhu (Materi)
d.      Aplikasi Tabel Mad’u
e.       Aplikasi Tabel Da’i

5.      Konsep Pengamanan Database
1.      Privacy / Confidentiality
Inti utama privacy  atau confidentiality adalah usaha untuk menjaga informasi dari orang yang tidak berhak mengakses. Privacy lebih kearah data-data yang sifatnya privat sedangkan confidentiality biasanya berhubungan dengan data yang diberikan ke pihak lain untuk keperluan tertentu (misalnya sebagai bagian dari pendaftaran sebuah servis) dan hanya diperbolehkan untuk keperluan tertentutersebut.
2.      Integrity
Dalam hal ini informasi tidak boleh diubah tanpa seijin pemilik informasi. Adanya virus, trojan horse, atau pemakai lain yang mengubah informasi tanpa ijin merupakan contoh masalah yang harus dihadapi.
3.      Authentication
Berhubungan dengan metoda untuk menyatakan bahwa informasi betul- betul asli, orang  yang mengakses atau memberikan informasi adalah betul-betul orang yang dimaksud, atau server yang kita hubungi adalah betul-betul server yang asli.
4.      Availability
Availability atau ketersediaan berhubungan dengan ketersediaan informasi ketika dibutuhkan. Sistem informasi yang diserang atau dijebol dapat menghambat atau meniadakan akses ke informasi
5.      Nonrepudiation
Merupakan hal yang bersangkutan dengan sipengirim, sipengirim tidak dapat mengelak bahwa dialah yang mengirim  pesan/informasi itu.
6.      Access control
Pengaturan (user ID) ini berhubungan dengan cara pengaturan akses kepada informasi. Hal itu biasanya berhubungan dengan masalah authentication dan juga privacy. Acces control seringkali dilakukan menggunakan kombinasi user id dan password atau dengan menggunakan mekanisme lainnya.[10]


























Daftar Pustaka
Dr. Deni Dermawan. S.Pd., M. Si., Kunkun Nur Fauzi. 2013. Sistem Informasi Manajemen. Rosda. Bandung
Tata Sutabri, S.Kom.,MM. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Penerbit Andi. Jakarta
http://unindrapti.wordpress.com/2012/12/04/makalah-database
http://rezamuzay.blogspot.com/2011/12/pengertian-fakta-opini.html
http://ahmadsutisna.blogspot.com/search/label/Manajemen





[1] Dr. Deni Dermawan. S.Pd., M. Si., Kunkun Nur Fauzi. Sistem Informasi Manajemen. 2013. Rosda. Bandung
[2] Tata Sutabri, S.Kom.,MM. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Penerbit Andi. Jakarta
[3] http://ahmadsutisna.blogspot.com/search/label/Manajemen

[4] http://irma93.blogspot.com/2012/02/model-sistem-umum-sistem-informasi.html
[5] Tata Sutabri, S.Kom.,MM. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Penerbit Andi. Jakarta
[6] Ibid. Hlm 13
[7] http://rezamuzay.blogspot.com/2011/12/pengertian-fakta-opini.html
[8] Tata Sutabri, S.Kom.,MM. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Penerbit Andi. Jakarta
[9] Ibid, Hlm 137-139
[10] http://unindrapti.wordpress.com/2012/12/04/makalah-database/

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates